PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL AKM NUMERASI UNTUK GURU MATEMATIKA SMP di KOTA PROBOLINGGO

  • Tjang Daniel Chandra Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang
  • Abdur Rahman As'ari
  • I Nengah Parta
  • Purwanto Purwanto
  • Syaiful Hamzah Nasution

Abstract

Abstrak

 

Mulai tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mulai menerapkan asesmen nasional. Asesmen nasional mengukur dua macam literasi yaitu literasi membaca dan literasi matematika ( atau Numerasi ). Salah satu instrumen utama yang digunakan dalam asesmen nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika ( numerasi ) siswa. AKM numerasi  merupakan hal yang baru bagi para guru matematika SMP. Oleh karena itu tim pengabdian masyarakat jurusan matematika UM merencanakan mengadakan workshop penyusunan AKM numerasi  bagi  guru matematika SMP di kota Probolinggo. Diharapkan melalui workshop ini, para guru dapat disiapkan untuk membuat soal-soal AKM numerasi.  Dilaksanakan 2 kali workshop. Pada workshop pertama, tim pengabdian memberikan beberapa materi seperti penjelasan  tentang AKM numerasi, pembuatan soal AKM numerasi tentang geometri dan aljabar, dan bagaimana mengemas soal AKM numerasi dalam bentuk e-LKPD. Sebelum acara diakhiri, para guru diminta untuk mencoba membuat soal AKM numerasi dan e-LKPD. Mereka diberi waktu 2 minggu untuk mengerjakan tugas tersebut dan mempresentasikan hasilnya pada workshop kedua. Hasil yang diperoleh dari workshop adalah para guru memperoleh manfaat tentang materi AKM dan bagaimana menyusun soal AKM numerasi.

 

 

Kata Kunci: workshop; soal AKM

 

Published
2021-11-29
How to Cite
[1]
T. Chandra, A. As’ari, I. Parta, P. Purwanto, and S. Nasution, “PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL AKM NUMERASI UNTUK GURU MATEMATIKA SMP di KOTA PROBOLINGGO”, PEDULI, vol. 5, no. 2, pp. 10-16, Nov. 2021.
Section
Articles