PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL AKM NUMERASI UNTUK GURU MATEMATIKA SMP di KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Abstrak
Mulai tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mulai menerapkan asesmen nasional. Asesmen nasional mengukur dua macam literasi yaitu literasi membaca dan literasi matematika ( atau Numerasi ). Salah satu instrumen utama yang digunakan dalam asesmen nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika ( numerasi ) siswa. AKM numerasi merupakan hal yang baru bagi para guru matematika SMP. Oleh karena itu tim pengabdian masyarakat jurusan matematika UM merencanakan mengadakan workshop penyusunan AKM numerasi bagi guru matematika SMP di kota Probolinggo. Diharapkan melalui workshop ini, para guru dapat disiapkan untuk membuat soal-soal AKM numerasi. Dilaksanakan 2 kali workshop. Pada workshop pertama, tim pengabdian memberikan beberapa materi seperti penjelasan tentang AKM numerasi, pembuatan soal AKM numerasi tentang geometri dan aljabar, dan bagaimana mengemas soal AKM numerasi dalam bentuk e-LKPD. Sebelum acara diakhiri, para guru diminta untuk mencoba membuat soal AKM numerasi dan e-LKPD. Mereka diberi waktu 2 minggu untuk mengerjakan tugas tersebut dan mempresentasikan hasilnya pada workshop kedua. Hasil yang diperoleh dari workshop adalah para guru memperoleh manfaat tentang materi AKM dan bagaimana menyusun soal AKM numerasi.
Kata Kunci: workshop; soal AKM
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di PEDULI: Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat setuju dengan ketentuan berikut :
Bahwa jika manuskrip artikel yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta merupakan milik Penulis (Author) sedangkan Jurnal PEDULI hanya sebagai penerbit artikel. Karya dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.