PENERAPAN RAGAM MODEL DAN KEINDAHAN KEMASAN PEMASARAN JAJANAN TRADISIONAL GETHUK LINDRI

  • Totok Hendarto Universitas Dr. Soetomo
  • Sandra Oktaviana Pinaraswati Universitas Dr. Soetomo

Abstract

ABSTRAK

 

Getuk lindri merupakan salah satu sajian tradisional yang banyak dijumpai di daerah Jawa, terutama Jawa Tengah. Besarnya permintaan produk getuk lindri ditangkap oleh ibu Sustin  warga Desa Mlaten Kec Puri Kab Mojokerto sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Ibu Sustin mengalami kendala pengembangan usaha nya, dan menyampaikan kepada pengusul dengan harapan ada solusi pengembangan usahanya. Produksi usaha ibu Sustin, terdapat tiga bidang yang akan di tangani yaitu 1) bidang manajemen usaha (keuangan), 2) bidang produksi dan 3) bidang pemasaran.

Solusi masalah adalah : 1) tatakelola manajemen atau tatakelola keuangan usaha dengan pelatihan pembukuan keuangan usaha, 2) diversifikasi bentuk dan tampilan produksi dengan introdusir penggunaan bahan campuran halal dan menyehatkan, dan 3) introdusir teknik pengemasan dan teknik pemasaran produk dengan mempergunakan IT. Disain Logo dan Merek usaha, penggunaan kemasan berbagai ukuran dan format produk usaha dan enyiapkan brosur dan poster produk usaha sebagai usaha promosi.

Metode yang akan digunakan : 1. penyampaian informasi dan pelatihan, 2. penyiapan peralatan yang dimaksud dan pelatihan operasional perlatan, 3 pendampingan dan simulasi agar didapatkan hasil produksi yang terbaik dan 4. publikasi nasional terakreditasi. Hasil yang diharapkan : lebih menguntungkan, proses lebih cepat, lebih baik tampilannya, rasa lebih enak, produk lebih higienis dan sehat, produk lebih bervariatif, lebih mudah dilaksanakan dan lebih bisa memperluas lapangan pekerjaan di daerah pedesaan.

Hasil pelaksanaan disimpulkan : 1. Bidang manajemen usaha : Mitra mengerti dan pengetahuan akan menerapkan pembukuan keuangan. 2. Bidang produksi : Mitra mampu mengembangkan kreasi 5 macam : Bentuk bunga mawar berwarna, Bentuk gulung berwarna, Bentuk gulung lapis, Bentuk gulung klasik dan Keripik gethuk, 3. Bidang pemasaran hasil : Terbentuk logo dan merek usaha, tersedia Blog promo produk usaha, kemasan berbagai ukuran dan Brosur dan Poster. 4. Penerapan ragam model dan keindahan kemasan berpengaruh terhadap penjualan usaha gethuk lindri.

  Kata Kunci: Ragam model, Keindahan kemasan, Jajanan Tradisional.
Published
2022-09-30
How to Cite
[1]
T. Hendarto and S. Pinaraswati, “PENERAPAN RAGAM MODEL DAN KEINDAHAN KEMASAN PEMASARAN JAJANAN TRADISIONAL GETHUK LINDRI”, PEDULI, vol. 6, no. 1, pp. 141-150, Sep. 2022.
Section
Articles