LITERASI EKONOMI DIGITAL DI ERA POST PANDEMIC DI KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

  • David Kaluge Universitas Brawijaya
  • Puspitasari Wahyu Anggraeni Universitas Brawijaya

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sangat banyak disumbang oleh sektor mikro salah satunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM memiliki peran nyata terhadap kontribusi pertumbuhan ekonomi sebesar 60% mendorong perekonomian dan 97% dapat menciptakan lapangan kerja (Warta Ekonomi, 2016). Masa pandemi tahun 2020 – 2021 ini berdampak negatif pada  perekonomian  dan dunia  usaha, termasuk  UMKM. UMKM merupakan alternatif  solusi  mengatasi  permasalahan  ketengakerjaan  karena  terbatasnya  kesempatan kerja yang tersedia. Namun demikian, dengan adanya pandemi tidak sedikit UMKM yang mengalami kemunduran usaha dikarenakan adanya pembatasan aktivitas masyarakat oleh pemerintah. Namun di sisi lain, terdapat UMKM yang justru mengalami peningkatan omzet usaha. Hal tersebut dikarenakan UMKM dapat beradaptasi dan berinovasi dengan menggunakan  platform  digital  untuk  menjangkau  konsumen.  Dengan  demikian, peningkatan  literasi digital bagi pelaku usaha rintisan (start-up) dan UMKM diperlukan agar dapat meningkatkan kembali usahanya.

                Kata Kunci: literasi, ekonomi digital, post pandemic

Published
2023-04-14
How to Cite
[1]
D. Kaluge and P. Wahyu Anggraeni, “LITERASI EKONOMI DIGITAL DI ERA POST PANDEMIC DI KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG”, PEDULI, vol. 6, no. 2, pp. 98-105, Apr. 2023.
Section
Articles