PELATIHAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA UNTUK GURU MATEMATIKA SMP KOTA BLITAR

  • Trianingsih Eni Lestari Universitas Negeri Malang

Abstract

Abstrak : Asesmen nasional terdiri atas tiga instrumen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan observasi lingkungan belajar. Dua kompetensi dasar yang diukur pada AKM adalah literasi membaca dan literasi matematis (numerasi) yang bertujuan melatih keterampilan berpikir logis-sistematis siswa. Wijaya (2016) menemukan bahwa siswa SMP di salah satu kota di Indonesia tidak bisa mendapatkan tiga karakteristik dari literasi matematika ketika mengerjakan soal PISA (Programme for International Student Assessment). Sementara itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa siswa SMA juga mengalami kekurangan pada beberapa indicator literasi , diantaranya adalah indikator pemahaman (Sari dan Wijaya, 2017). Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru matematika SMP di Kota Blitar yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Kota Blitar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa guna menghadapi AKM. Mekanisme pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pada tahap tindakan, pelaksanaan pengabdian dilakukan menjadi dua kegiatan yang dilakukan secara luring dan daring. Pelatihan pertama memberikan materi tentang literasi dan numerasi secara luring. Kegiatan daring dilakukan secara asinkron. Kegiatan asinkron berupa aktivitas peserta untuk mengerjakan tugas secara mandiri yang diberikan oleh pemateri ketika kegiatan luring.

Published
2023-05-04
How to Cite
[1]
T. Lestari, “PELATIHAN LITERASI DAN NUMERASI MATEMATIKA UNTUK GURU MATEMATIKA SMP KOTA BLITAR”, PEDULI, vol. 6, no. 2, pp. 106-112, May 2023.
Section
Articles