PEMBERDAYAAN SEKOLAH INKLUSI MELALUI E-MODUL BERJENJANG SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMENUHAN LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF

  • Moh Zayyadi Universitas Madura
  • Harfin Lanya Universitas Madura
  • Devie Reztia Anjarani Universitas Madura
  • Fauzan Prasetyo Eka Putra Universitas Madura
  • Muhammad Umar Mansyur Universitas Madura
  • M Isma’el Universitas Madura
  • Wildanus Sholihah Universitas Madura
Keywords: Pemberdayaan, Sekolah Inklusi, Modul Berjenjang, Kompetensi Guru, Pendidikan Inklusif

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemberdayaan sekolah inklusi SDN Barkot 5 Pamekasan melalui E-Modul Berjenjang sebagai pengembangan kompetensi guru dalam pemenuhan layanan pendidikan inklusif. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SDN Barkot 5 Pamekasan dengan sasaran pengembangan kompetensi guru. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan identifikasi dan asesmen awal, profil belajar siswa, perencanaan rancangan pembelajaran E-Modul Berjenjang, pelatihan dan pedampingan, penilaian dan evaluasi, dan asesmen hasil. Dengan kegiatan pendampingan ini, kegiatan pemberdayaan ini sesuai tujuan yang ingin dicapai yakni layanan pendidikan yang mengikutsertakan siswa berkebutuhan khusus  untuk belajar  bersama  dengan  siswa lainnya dan sebagai pengembangan kompetensi guru dalam pemenuhan layanan pendidikan inklusif. media E-Modul berjenjang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan teknologi dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. E-Modul Berjenjang bisa diterapkan dan relevan dalam pembelajaran dan peserta sudah memiliki bayangan yang lebih luas tentang e modul serta dapat dipraktikkan dalam proses pembelajaran

Published
2024-12-28
How to Cite
[1]
M. Zayyadi, “PEMBERDAYAAN SEKOLAH INKLUSI MELALUI E-MODUL BERJENJANG SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMENUHAN LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF”, PEDULI, vol. 8, no. 2, pp. 22-32, Dec. 2024.
Section
Articles