OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DAN AKUNTANSI

  • Hanif Mauludin STIE Malangkucecwara Malang
  • Lailatus Sa'adah STIE Malangkucecwara Malang
  • Rina Irawati STIE Malangkucecwara Malang
Keywords: Digital Marketing, Laporan Keuangan, Pelatihan

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada UMKM tentang peran pentingnya digital marketing dan akuntansi untuk peningkatan pengelolaan usaha. Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan UMKM untuk mempromosikan barangnya  kepada konsumen. Melalui penyusunan laporan keuangan UMKM dapat mengetahui perkembangan usahanya. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan dan pelatihan digital marketing dan akuntansi bagi UMKM Bolen Malang Fairuziba. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum optimal dalam penggunaan digital marketing dan penyusunan laporan keuangan. Dengan adanya pendampingan dan pelatihan ini, mitra mempunyai wawasan dan pengetahuan yang baru, yang dapat diterapkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan usahanya.

Published
2025-03-15
How to Cite
[1]
H. Mauludin, L. Sa’adah, and R. Irawati, “OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DAN AKUNTANSI”, PEDULI, vol. 8, no. 2, pp. 93-100, Mar. 2025.
Section
Articles