OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DAN AKUNTANSI
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada UMKM tentang peran pentingnya digital marketing dan akuntansi untuk peningkatan pengelolaan usaha. Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan UMKM untuk mempromosikan barangnya kepada konsumen. Melalui penyusunan laporan keuangan UMKM dapat mengetahui perkembangan usahanya. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan dan pelatihan digital marketing dan akuntansi bagi UMKM Bolen Malang Fairuziba. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum optimal dalam penggunaan digital marketing dan penyusunan laporan keuangan. Dengan adanya pendampingan dan pelatihan ini, mitra mempunyai wawasan dan pengetahuan yang baru, yang dapat diterapkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan usahanya.
Copyright (c) 2025 Hanif Mauludin, Lailatus Sa'adah, Rina Irawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya di PEDULI: Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat setuju dengan ketentuan berikut :
Bahwa jika manuskrip artikel yang diajukan dan diterima untuk di publikasikan maka hak cipta merupakan milik Penulis (Author) sedangkan Jurnal PEDULI hanya sebagai penerbit artikel. Karya dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







