IMPLEMENTASI QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) BAGI UMKM DI KOTA TANGERANG

  • Rona Tumiur Mauli Carolin Simorangkir Universitas Mercu Buana
Keywords: QRIS, Livin’ by Mandiri, UMKM, digitalisasi transaksi, pengabdian masyarakat

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan dalam sistem pembayaran dari tunai ke non-tunai, termasuk di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu inovasi yang mendukung transformasi ini adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang memungkinkan transaksi digital lebih efisien dan inklusif. Universitas Mercu Buana menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Implementasi QRIS Bagi UMKM Kota Tangerang” pada 28 April 2025 di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman UMKM tentang manfaat, kemudahan, keamanan, serta risiko penggunaan QRIS melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, presentasi edukatif, simulasi praktik langsung, dan diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan menjadi faktor utama yang mendorong adopsi QRIS oleh UMKM.

Published
2025-07-30
How to Cite
[1]
R. Simorangkir, “IMPLEMENTASI QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) BAGI UMKM DI KOTA TANGERANG”, PEDULI, vol. 9, no. 1, pp. 11-20, Jul. 2025.
Section
Articles